Tips Cara Membuat User Beli di Akun TikTok Kita
Sebagai Affiliate, tentu seneng dong kalo banyak user yang membeli di akun kita, baik via Viti maupun saat Live.
Tapi bagaimana supaya mereka membeli di akun kita, tentu saja mereka harus menemukan akun kita terlebih dahulu, menonton Viti atau bergabung Live di room kita.
Jika viti atau live kita informatif dan memberikan solusi yang mereka cari, tentu saja mereka akan memutuskan untuk membeli.
Lalu
DARIMANA CALON PEMBELI MENEMUKAN AKUN KITA ?
oke yuk kita bahas...
Apakah User Membeli di Viti kita karena Viti kita FYP ?
Bisa juga, tapi belum tentu juga.... 😁
Jika Viti kita FYP, kemungkinan mereka memang melihat Viti itu, tapi belum tentu membeli lho...
Karenanya, banyak Kreator yang mengeluhkan, Viti FYP sampai 500 ribu view, tapi yang CO cuma 2, miris kan.. 😭😭
Lalu dari mana kita mendapatkan Calon Pembeli yang potensial untuk Membeli ?
Dari Marketplace TikTok, baik langsung maupun tidak langsung
Calon Pembeli Potensial bisa datang dari menu Pesanan Saya atau dari Tombol Pencarian, maupun Keranjang Marketplace TikTok.
Mereka yang masuk di fitur tersebut sebagian besar adalah mereka yang sengaja mencari Produk untuk dibeli dan inilah Customer yang Potensial untuk Melakukan Cek Out.
Jika kita bisa mengundang Customer tersebut ke akun kita baik via Viti atau Live, kemungkinannya adalah, mereka akan membeli produknya di Viti atau Live kita.
Jika pun tidak membeli pada saat itu, minimal mereka adalah Viewer Potensial untuk akun kita yang suatu saat akan menerima rekomendasi viti kita lainnya.
Nah, supaya mereka yang menemukan akun kita memutuskan untuk membeli, maka usahakan Viti yang kita buat menarik dan informatif bagi mereka.
Begitupun saat Live, pastikan mereka mendapatkan apa yang mereka cari di Live kita.
BAGAIMANA SUPAYA AKUN KITA DITEMUKAN DI MARKETPLACE DAN FITUR PENCARIAN TIKTOK ?
![]() |
| Contoh Viti & Live di Marketplace TikTok |
Tiktok dengan Algoritmanya yang lebih rumit dari Platform lainnya itu akan merekomendasikan Video - Video maupun Livestreaming yang memiliki Keyword kuat untuk ditemukan oleh user berdasarkan minat.
Nah, disinilah kita perlu Keyword atau Kata Kunci agar mudah ditemukan oleh user yang sesuai dengan jenis produk yang kita promosikan.
Nah, sebagai percobaan agar Viti dan Live kita direkomendasikan ke Marketplace maupun Pencarian TikTok, silahkan mulai terapkan beberapa tips berikut ini.
Coba Langkah-langkah ini untuk masuk ke Rekomendasi Marketplace maupun Pencarian TikTok
1. Buatlah Viti original berdurasi min 30 detik (lebih bagus lagi 60 detik)
2. Penjelasan singkat Viti terkait Fitur, Manfaat atau Cara Menggunakan Produk
3. Kalimat Hook singkat pembuka Viti di 3 detik pertama
4. Sebut Nama Produk atau Keyword sebanyak 3 kali dalam Viti
5. Tulis Deskripsi yang mengandung Keyword atau Kata Kunci yang kuat, mencermikan Produk dalam Viti
6. Sampul atau Thumbnail yang Menarik & Mengandung Keyword
7. Tagar dengan Keyword, mencerminkan Produk, Fitur, Type, Manfaat Produk, Nama Produk ( 4 tagar + Tagar Event, jika ada)
8. Upload 3 s/d 5 Viti setiap hari & Live setiap hari min 70 menit s/d 2 Jam
9. Targetkan 100 Viti pertama dengan Keyword yang kuat dalam 90 hari
10. Buat 30 Viti untuk satu Produk
(Setiap 10 Viti Produk yang sama, gunakan tagar yang sama)
11. Konsisten melakukan hal tersebut setidaknya dalam 3 bulan.
12. Bangun Pertemanan sesama Kreator untuk membangun sistem Algoritma, Berikan tanggapan Komentar Penonton dalam Viti & Live
Itulah beberapa Tips yang bisa kita gunakan untuk lebih mudah mendapatkan Rekomendasi dari sistem TikTok agar akun kita lebih dikenal luas oleh user potensial yang akan membantu meningkatkan penjualan diakun kita.
Silahkan berkreasi dan lakukan improvisasi sesuai dengan kreatifitas masing-masing dan selalu lakukan screening terhadap market sesuai produk yang kamu promosikan.
Selamat Mencoba
Semoga Berhasil
Best regard
Baca Selanjutnya..
Mengenal Pelanggaran Viti dan Live TikTok (Coomingsoon)


